Tuesday, October 14, 2014

Lihat

Anwar Shandi

Pendidikan menyenangkan jika murid muridnya menikmati pelajaran dan antusias dalam pembelajaran, tapi seringkali yang ditemukan di kejadian nyata atau realnya hanya sedikitatau cuma beberapa guru yang dapat menghidupkan suasana kelas, guru tersebut adalah guru yang kreatif dan inovatif. Dia memikirkan bagaimana pembelajaran yang dia berikan dapat menarik minat siswa dan membuat siswa pahan dengan materi yang di berikan.
Umumnya siswa yang belajar di kelas mubah sekali bosan kalau hanya mendengarkan guru berceramah, dan cara mengajarnya monoton atau cuma begitu begitu saja. Untuk mengtasi kebosanan biasanya siswa bermain hp atau ijin keluar kelas hanya untuk sekedar jalan jalan karena mereka jenuh tidak menikmati pelajaran. Seharusnya guru memberikan inovasi dalam pembelajaran dan memberikan variasi variasi bagaimana cara dia mengajar. Siswa umumya menyukai pembelajaran diluar kelas seperti pelajaran olah raga, atau pelajaran yang berhubungan dengan praktik langsung.
Inovasi pembelajaran sangat diperlukan untuk mendukung pelajaran yang efektif dan berkualitas. Di negara maju inovasi pendidikan selalu diupayakan karena pendidikan merupakan pondasi dari suatu bangsa. Di Indonesia masih menerapkan pendidikan klasik, contohnya masih menganggap PR itu penting toh kenyataannya siswa justru merasa tertekan dan terbebani dengan adanya PR. Sedangkan pendidikan seharusnya membuat siswa merasa rileks dan senang bukan malah mengekang.
http://padmanaba.or.id/kalawarta/wp-content/uploads/2012/01/ipho2011.jpg
Kurangnya penghargaan dan kesadaran akan pentingnya pendidikan di Indonesia masih menjadi alasan klasik belum terlaksananya pendidikan di Indonesia secara maksimal, lulusan lulusan atau anak anak yang berprestasi masih kurang mendapat penghargaan yang layak. Padahal justru dari anak anak yang cerdas itu kita dapat mengembangkan pendidikan kita menjadi lebih maju dan inovatif, kebanyakan dari orang orang cerdas tersedut memiliki keinginan yang kuat untuk mengabdi di negara sendiri. seharusnya pemerintah menghargai pendidikan dan orang orang yang berprestasi dalam pendidikan dari hal yang sangat kecil sekalipun. Karena seseorang dalam kodratnya ingin dihargai dan kalau lulusan lulusan yang berprestasi  mendapat penghargaan yang layak mereka pasti akan berkontribusi untuk memajukan pendidikan di indonesia

No comments:

Post a Comment