Wednesday, October 8, 2014

Kurikulum Baru, Gaya Lama

Muhammad Arwani

Seiring di terapkannya kurikulum baru yaitu kurikulum 2013, tidak dapat di pungkiri bahwa dalam penerapannya atau pelaksanaan dalam sekolah atau lembaga pendidikan banyak mengalami kendalan dan masalah. Terutama banyaknya kendala yang di alami oleh para guru untuk menjalankan atau menerapkan kurikulum 2013 dalam pembelajaran. Para guru masih kebingungan dalam mengimplementasikan kurikulum baru tersebut. Kurangnya sosialisasi dan pelatihan terhadap kebijakan pemberlakuan kurikulum 2013 menjadi salah satu alasan kebingungan para guru untuk menerapakannya dalam pembelajaran.
Para guru masih minin pengalaman dan kurang tangap dalam menyikapi pemberlakuan kurikulum baru tersebut. Banyak guru yang masih menggunakan dan menerapakan cara lama walau kurikulum sudah berubah.  Misalnya saja masih berorientasi pada konten untuk menyelesaikan materi pelajaran. Gaya menyampaikan materi masih sama dengan gaya yang lama yaitu dengan model ceramah. Hal ini berbeda dengan maksud dan tujuan dati kurikulum 2013 itu sendiri yang menekankan pada siswa yang lebih kritis, aktif dalam pelajaran. Guru tidak lagi sebagai penyampai materi semata namun juga mengarahkan siswa untuk menganalisis suatu hal yang berhubungan dengan materi pelajaran yang sedang di pelajari.
Diharapkan pula guru tidak hanya mandidik siswa dan menuntut siswa untuk menjawab pertanyaan dan melempar pertanyaan pada siswa. Namun guru juga harus mampu merangsang siswa yang di ajarnya untuk aktif bertanya. Jadi ada timbal balik dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Konsepan dari kurikulum baru ini adalah memberikan ruang yang luas bagi siswa untuk lebih aktif dalam mengembangkan diri dalam belajar.

Ini adalah sekelumit masalah yang timbul dari diberlakukannya kurikulum baru kurikulum 2013.  Seiring berjalannya waktu haruslah ada pembenahan dan penyempurnaan kurikulum tersebut dari berbagai pihak, agar tujuan dari pendidikan dapat tercapai dengan baik. Mengingat masih banyaknya masalah dan kekurangan-kekurangan dari kurikulum 2013. Selain itu juga haruslah ada dukungan dari berbagai pihak terutama sekolah dalam mengimplementasikannya.

No comments:

Post a Comment