Thursday, October 30, 2014

Menengok ke Finlandia

Rimbi Wijanti
1102413053

Sudah terlalu sering kita membahas tentang sistem pendidikan di Indonesia, sekarang mari kita tengok ke negara seberang nan jauh disana yaitu Finlandia. Finlandia diisukan sebagai negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Hal ini juga dibuktikan dengan rendahnya persentase ketidaklulusan siswanya per tahun. Di Finlandia pendidikan merata tidak seperti di Indonesia. Merata artinya pendidikan bukanlah suatu hal yang hanya bisa dirasakan oleh beberapa kalangan saja akan tetapi dapat dirasakan oleh semua orang tanpa terkecuali.
Hebatnya di Finlandia mereka tidak hanya mencerdaskan siswa siswa yang normal saja tetapi juga untuk siswa siswa difabel. Jadi  di Finlandia, pendidikan tidak hanya ditujukan untuk orang orang “normal” saja tetapi untuk semua kalangan. Ini salah satu yang seharusnya bisa kita terapkan di Negara tercinta kita. Ketika pendidikan sudah merata serta tidak pandang bulu maka tingkat kemakmuran rakyat juga akan berangsur membaik.
Uniknya di Finlandia ini para gurunya boleh membuat kurikulum mereka sendiri menyesuaikan dengan kebutuhan disana. Jadi kurikulum tidak terpaku pada yang ditetapkan oleh pemerintah seperti yang ada di Indonesia.  Jadi bisa dipastikan pembelajaran disana pun menyesuaikan dengan situasi, kondisi  serta kebutuhan para siswa siswanya. Berbeda dengan di Indonesia yang kurikulumnya terpaku pada apa yang ditetapkan oleh pemerintah, padahal terkadang kurikulum yang ditetapkan itubelum tentu bisa diterapkan di semua tempat.
Selain itu di Finlandia hanya terdapat guru guru berkualitas dan ahli saja, artinya guru yang diperkerjakan disini adalah yang memang ahli. Bahkan ujian untuk masuk menjadi guru lebih ketat dibandingkan dengan masuk ke fakultas Kedokteran maupun Fakultas Hukum di Negara lain. Bayangkan, betapa berkualitasnya guru guru yang mengajar di Finlandia.
Dan yang paling membuat bungah adalah di Finlandia tidak ada Ujian Nasional dan sebagainya. Ujian standar wajib hanya ada satu kali yaitu saat berumur 16 tahun. Tidak seperti di Indonesia yang sejak jenjang pendidikan Sekolah Dasar sudah dijejeli Ujian. Mulai dari ujian akhir, ujian tengah semester, ujian sekolah, ujian praktek sampai ujian nasional. Begitulah bebrapa keunggulan dari negar yang kononnya memiliki system pendidikan terbaik di Indonesia, memang hal hal seperti diatas tidak dapat diterapkakn spepenuhnya di Indonesia. Akan tetapi setidaknya kita mungkin bisa mengambil beberapa aspek di Finlandia yang sekiranya cocok dengan kultur budaya di Negara kita ini.


No comments:

Post a Comment