Monday, October 20, 2014

Seragam sekolah

Yossika Vidya

Tentunya kalian tahu kan apa itu seragam sekolah? Sebagian dari kalian yang pernah menempuh pendidikan disekolah formal tentunya sudah pernah mengenakan seragam sekolah, mulai dari jenjang Pendidikan anak Usia Dini, SD, SMP sampai SMA sederajat. Nah sebenarnya untuk apa sih kalian harus mengenakan seragam sekolah ? Selain telah diatur oleh pemerintah dalam bidang Pendidikan Di Indonesia agar para siswa yang notabenya masih menempuh jenjang pendidikan wajib yaitu dari PAUD sampai SMA sederajat agar mengenakan seragam sekolah selama jam sekolah berlangsung.
Hal ini dilakukan dengan berbagai tujuan, misalnya untuk menunjukan identitas sekolah atau tingkat jenjang pendidikan yang telah ditempuh. Contohnya saja pada jenjang sekolah dasar seragam yang umum digunakan berwarna merah putih, untuk SMP biru putih dan SMA putih abu abu. Selain seragam formal yang ditentukan oleh pemerintah setiap sekolah juga memiliki seragam khas yang menunjukan identitas sekolah tersebut, misalnya menggunakan batik pada hari tertentu. Kemudian seragam  pramuka umumnya juga digunakan pada setiap jenjang pendidikan formal, namun sekarang sudah banyak sekolah yang tidak memberlakukan hal tersebut,dan seragam pramuka hanya dikenakan pada saat mengikuti ekstakulikuler pramuka saja.
Penggunaan seragam juga di nilai sebagai salah satu usaha untuk memberikan kesan rapi pada para siswa. Namun pendapat lain mengatakan bahwa penggunaan seragam sebenarnya tidak begitu penting dan bukanlah menjadi hal yang harus diwajibkan. Karena siswa akan merasa nyaman pada saat mengikuti proses belajar mengajar apabila mengenakan pakaian yang menurut mereka nyaman pula. Terkadang ada siswa yang tidak nyaman memakai seragam sekolah. Mereka lebih nyaman ketika memakai kaos oblong dan celana jeans. Nah yang menjadi pertanyaan sekarang adalah mengapa ketika kita menggunakan pakaian seperti kaos oblong dan sejenisnya di lingkungan sekolah atau dalam proses belajar mengajar dinilai tidak sopan? Sedangkan karakter siswa satu dengan yang lain itu berbeda beda. Hal ini dibuktikan ketika banyak ditemukanya siswa siswa yang banyak memodifikasi seragam sekolah mereka karena ketidaknyamanan ketika memakai seragam tersebut, seperti mengetatkan baju, melipat lengan baju, mengeluarkan baju dan membuat celana menjadi pensil.

No comments:

Post a Comment