Friday, October 3, 2014

Pendidikan Karakter ?

Rimbi Wijanti
1102413053

Pendidikan karakter adalah salah satu pendidikan yang gencar digalakkan oleh pemerintah melalui Kurikulum 2013 . Pendidikan karakter dianggap sangat penting bagi pertumbuhan pendidikan khususnya di Indonesia sendiri. Selain itu pendidikan ini juga dianggap sebagai salah satu solusi untuk menangani berbagai masalah sosial yang berkaitan erat dengan tingkah laku dan karakter siswa.
Seperti yang kita tahu sekarang ini banyak kejahatan sosial yang disebabkan kurang teguhnyakarakter anak bangsa. Kasus kasus seperti perampokan, pemerkosaan,  seks bebas dan lain sebagainya justru rata rata dilakukan oleh anak dibawah umur. Sungguh ironis melihat kejadian kejadian tersebut ketika anak anak yang seharusnya belajar dengan giat justru melakukan tindak kejahatan tanpa kontrol yang berarti dari pihak yang bersangkutan.
Hal hal tersebut terjadi memang karena banyak faktor. Mulai dari masalah keluarga seperti broken home, sampai terpengaruhnya lingkungan sekitar. Maka dari itu Pendidikan karakter ini diselipkan dalam kegiatan belajar mengajar dengan tujuan agar menghasilkan generasi yang baik akhlak dan perbuatannya. Pendidikan karakter dianggap penting selain untuk menata ulang karakter anak bangsa juga untuk mencetak siswa Indonesia yang tidak hanya bagus di akademik tetapi juga akhlaknya.
Ketika akhlak dan karakter anak bangsa sudah tertata maka peluang untuk menyambut masa emas Indonesia 2045 dengan gebrakan gebrakan yang mengesankan akan lebih besar. Salah satu cara untuk memajukan suatu negara adalah dengan memajukan terlebih dahulu pendidikannya. Dengan majunya pendidikan di suatu masalah maka kemungkinan untuk wilayah tersebut maju juga akan besar karena di dalamnya terdapat orang orang hebat bidang akademis dan non akademisnya.
Dampak dari adanya pendidikan karakter juga akan sangat berguna kaitannya dengan kegiatan kita sehari hari. Mulai dari hal yang kecil seperti menghargai orang lain kemudian membuang sampah pada tempatnya, dan sebagainya. Hal hal kecil seperti itu yang harus ditumbuhkan sejak dini agar ketika sudah dewasa sikap sikap yang baik tersebut sudah menjadi sebuah kebiasaan. Itulah pentingnya Pendidikan Karakter.

No comments:

Post a Comment