Friday, October 3, 2014

Sekolah Alam bukan Sekolah “Aneh”

Ferlina

        Baik gaaaan, kemarin kita telah membahas tentang keefektifan sekolah alam. Kali ini kita akan membahas tentang kesan dari sekolah alam ini sendiri di kalangan orang tua tentunya. Citra sekolah alam dianggap sekolah yang aneh karena budayanya yang tidak memakai seragam, kelas kelas yang seperti saung, dan lain lain. Hal ini dapat dimaklumi karena memang sekolah alam sedikit jauh berbeda dari sekolah yang mementingkan potensi akademik.
    Sekolah Alam yang menawarkan pendidikan yang ramah lingkungan dan menghargai perkembangan individu berkembang pesat, di sekolah juga tidak hanya mementingkan pendidikan akademik saja. Namun,anyak keraguan dari para orang tua saat akan memasukkan anaknya ke sekolah Alam karena memang penawaran pendidikannya berbeda dari sekolah umum. Hal ini tentunya menjadi sebuah problem, bahwa perlu adanya kesadaran dari orang tua ini bahwa sekolah alam juga memberikan layanan yang terbaik bagi anaknya. Belajar di sekolah alam tidak hanya bermain-main di sekolah yang terlihat seperti bukan sekolah, namun mereka dilepaskan untuk mengembangkan potensi diri mereka dengan media alam terbuka dan memberikan keleluasaan untuk bereksplorasi serta pengembangan minat dan bakat anak.
       Sangatlah penting untuk mengaplikasikan konsep pendidikan yang menyelenggarakan system pembelajaran yang menghargai setiap potensi yang ada seperti sekolah alam. Dalam pembelajaran dapat diperhatikan sesuia kondisi psikologi siswa, sehingga otak mereka akan sangat mudah untuk bekerja sama dalam proses pembelajaran dan proses belajar akan menjadi sangat optimal dan efektif. Berbeda dengan sekolah yang lebih mementingkan potensi akademik, cenderung lebih direpotkan pada hal-hal fisik. Sekolah bertaraf Internasional misalnya, lebih direpotkan pada pembangunan-pembangunan fisik daripada mutu guru dan proses belajar yang menyenangkan. Sekolah Alam justru minim biaya karena media belajarnya adalah alam, kelasnya juga tidak selalu di kelas, namun kualitas hasil belajarnya juga lebih berkesan di benak anak.
    Pada hakekatnya belajar ialah proses untuk memperoleh ilmu. Akan lebih baik jika proses memperoleh Ilmu ini juga berkesan dan menyengkan bagi si anak. Perspeksi bahwa sekolah alam adalah sekolah aneh ini sebenarnya salah. Karena Sekolah Alam adalah adalah sekolah yang memberikan pelayanan kepada siswa sesuai dengan psikologi siswa itu sendiri. Dan mengenalkan kepada anak akan ciptaan Tuhan, bagaimana harus memanfaatkan ciptaan Tuhan yang diberikan Tuhan untuk umatnya ini. Jadi apakah anda masih menganggap sekolah Alam adalah sekolah yang aneh????

No comments:

Post a Comment