Tuesday, September 30, 2014

Membentuk Kedisiplinan Siswa Melalui Pendidikan Ekstrakulikuler Olahraga Beladiri

FN Muktiono Dimi
1102413061

           Kedisiplinan merupakan sikap mental yang mencerminkan tingkah laku perbuatan seseorang untuk patuh dan taat kepada aturan. Sikap disiplin sangatlah penting bagi seseorang untuk meraih kesuksesan. Oleh karena itu kedisiplinan sebaiknya diajarkan sejak dini.
Disiplin sendiri mencakup banyak hal salah satunya yaitu displin dalam diri pribadi. Disiplin dalam diri pribadi ini maksudnya adalah bagaimana sikap seseorang dalam mematuhi peraturan yang ada. Dalam dunia sekolah, siswa terlambat berangkat ke sekolah adalah contoh tingkat kedisiplinan siswa yang rendah. Hal tersebut juga akan berkesinambungan ke dalam dunia kerja apabila terjadi secara terus menerus dan menjadi kebiasaan. Oleh karena itu perlu adanya gerakan yang dapat meningkatkan tingkat kedisiplinan siswa, salah satunya yang menjadi andalan yaitu memberikan hukuman kepada siswa. Namun hukuman yang diberikan secara terus menerus tersebut justru akan melatih siswa menjadi kebal terhadap hukuman. Maka dari itu gerakan alternatif lainnya yaitu dengan melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler olahraga beladiri di sekolah, dimana kegiatan ekstrakulikuler ini juga sekaligus dapat melatih tingkat kedisiplinan siswa. Ambil saja contohnya Karate atau Pencak Silat. Pendidikan ekstrakulikuler ini dilaksanakan semi militer namun juga tak menghilangkan minat siswa. Bisa jadi pada awal bergabung dengan kegiatan ekstra ini, siswa diperlakukan menyenangkan akan tetapi lambat laun akan semakin keras. Atau bisa juga sekolah mewajibkan ekstrakulikuler ini bagi semua siswanya. Dengan begitu, sosok sosok siswa tangguh dan disiplin akan muncul terhadap masing masing siswa yang mengikuti ekstrakulikuler ini.
          Walaupun pelaksanaan ekstrakulikuler ini masih banyak hambatan, seperti kurangnya promosi. Akan tetapi bila pihak sekolah sendiri serius dalam menyikapi masalah kedisiplinan ini, tentunya hambatan hambatan tersebut bisa dipikirkan, seperti mempromosikan kembali kegiatan ekstrakulikuler olahraga bela diri. Oleh karena itu kedepannya, kegiatan kegiatan ekstrakulikuler yang dapat membentuk kedisplinan siswa agar ditingkatkan dan dioptimalkan guna menyambut progam pendidikan karakter. Walaupun semestinya tidak hanya ekstrakulikuler beladiri saja, masih banyak yang lain seperti Pramuka, Paskibra, dan lain sebagainya.


No comments:

Post a Comment