Sunday, September 28, 2014

9 Karakter Positif yang Harus Kamu Miliki

Ahmad Ghilman
1102413066

          Karakter memiliki peranan yang penting dalam tingkah laku kita sehari-hari. Seorang yang memiliki karakter yang baik, akan menjadi pribadi yang unggul dan disukai semua orang. Apa saja karakter baik yang harus dimiliki? Berikut ini 9 karakter baik yang harus dimiliki setiap orang.
1. Religius
Taat pada agama adalah hal yang paling utama. Seorang yang regilius akan memiliki sikap yang patuh pada ajaran agama, bertoleransi pada agama lain, serta hidup rukun antar pemeluk agama.
2. Jujur
Seorang yang selalu berbuat jujur akan dipercaya oleh orang lain. Sebaliknya, jika ia sering berbohong, ia tidak akan dipercaya bahkan dibenci. Orang yang jujur akan dapat mengemban amanah dengan baik.
3. Toleransi
Toleransi erat kaitannya dengan kerukunan. Hidup penuh toleransi berarti ia menghargai perbedaan yang ada, baik itu perbedaan pendapat, golongan, ras maupun perbedaan agama. Orang yang toleran akan mudah menerima perbedaan yang ada di sekitarnya dan tidak suka menimbulkan konflik.
4. Disiplin
Sikap disiplin adalah sikat yang taat dan patuh pada ketentuan dan aturan. Orang yang disiplin akan mudah menjalankan aktivitasnya sehari-hari.
5. Kerja Keras
Kerja keras merupakan sikap bersungguh-sunguh dalam melakukan pekerjaan. Ia tidak mudha menyerah dan selalu mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang ia hadapi.
6. Mandiri
Orang yang mandiri tidak mudah tergantung pada orang lain. Ia sebisa mungkin mencoba untuk tidak membebani orang lain dalam menyelesaikan tugasnya.
7. Rasa Ingin Tahu
Rasa ingin tahu penting untuk dimiliki. Orang yang karakter ini tidak akan puas dengan pengetahuan yang dimilikinya, ia akan terus belajar menambah ilmunya.
8. Bersahabat/Komunikatif
Sifat bersahabat dan komunikatif penting untuk dimiliki. Orang yang komunikatif akan lancar dalam berkomunikasi dengan lainnya.
9. Tanggung Jawab
Tanggung jawab adalah sikap siap menanggung segala akibat yang telah dilakukan, baik itu buruk ataupun baik.
Dari kesembilan karakter di atas, mana yang termasuk karaktermu??



No comments:

Post a Comment