Saturday, September 27, 2014

Inovasi Sistem Pendidikan

Alimi

    Dewasa ini perkembangan pendidikan di Indonesia tidaklah terlalu memuaskan, hal ini terjadi karena berbagai sebab seperti kesenjangan pembelajaran, profesionalitas seorang guru, sistem dan kurikulum yang tidak tepat dan sebagainya. Untuk itulah perlu adanya inovasi dalam pendidikan kita, daya kreatifitas pada setiap elemen pendidikan haruslah semakin di eksplor dengan maksimal. Inovasi pendidikan merupakan upaya dasar dalam memperbaiki aspek-aspek pendidikan dalam prakteknya. Inovasi pendidikan adalah inovasi (pembaharuan) dalam bidang pendidikan atau inovasi yang dilakukan untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan. Inovasi pendidikan merupakan suatu ide, barang, metode yang dirasakan atau diamati sebagai hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat) baik berupa hasil inversi atau diskoversi yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan atau memecahkan masalah-masalah pendidikan (Ibrahim).
   Tujuan inovasi pendidikan adalah meningkatkan efisiensi, relevansi, kualitas dan efektivitas: sarana serta jumlah pendidikan sebesar-besarnya (menurut kriteria kebutuhan peserta didik, masyarakat, dan pembangunan), dengan menggunakan sumber, tenaga, uang, alat, dan waktu dalam jumlah yang sekecil-kecilnya. Peningkatan kualitas pendidikan bisa dilakukan dengan beberapa inovasi seperti : menggunkan media belajar yang interaktif dan menimbulkan minat belajar kepada para siswa, sistem pembelajaran yang menekankan pada aspek keaktifan siswa (student centered), perbaikan terhadap sistem pendidikan yang lebih sesuai dan tepat untuk digunakan dalam pembelajaran (up to date). Dengan terjalinya kerjasama yang baik antara pemerintah sebagai pemegang kendali tertinggi dalam pendidikan serta guru sebagai mediator transfer ilmu dan juga siswa sebagai objek pendidikan atau peserta didik akan menimbulkan sinergisitas dalam pendidikan agar tercapainya tujuan pendidikan itu sendiri.
   Sedangkan aspek-aspek yang mesti di perhatikan dalam melakukan suatu inovasi adalah guru, siswa, fasilitas, program atau tujuan, kurikulum, dan ruang lingkup masyarakat. Pada dasarnya kemajuan dari suatu lembaga atau penyelenggara pendidikan akan menghasilkan sumber daya manusia yang mampu bersaing secara global, dan juga perbaikan dari kualitas pendidikan itu sendiri. Oleh karena itu sistem yang di bangun dengan baik dan dengan perencanaan yang matang yang juga disertai dengan inovasi-inovasi di dalamnya adalah hal yang mutlak di miliki dalam sebuah pendidikan, sehingga ketelatenan semua pihak sangatlah diperlukan untuk menciptakan kesinambungan pendidikan yang bermutu.



No comments:

Post a Comment