Sunday, September 28, 2014

Mengenal Sekolah Dasar

Suerlin Diah Utami

        Apa sih yang ada di benak kalian saat mendengar kata SD?? Yaa, benar SD merupakan singkatan dari Sekolah Dasar. Kita akan membahas lebih jauh tentang Pendidikan Sekolah Dasar. Sekolah Dasar merupakan jenjang paling dasar pada pendidikan formal di Indonesia. Secara umum, pengertian sekolah dasar dapat kita katakan sebagai institusi pendidikan yang menyelenggarakan proses pendidikan dasar dan mendasari proses pendidikan selanjutnya. Disekolah inilah peserta didik mengalami proses pendidikan dan pembelajaran. Didalam pendidikan dasar ini, peserta didik diajarkan berbagai hal yang dapat diperoleh dilingkungan keluarga. Pendidikan dasar ini ditempuh dalam waktu 6 tahun, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Biasanya untuk menempuh pendidikan sekolah dasar dimulai dari usia 7 tahun. Peserta didik sekolah dasar umumnya berumur 7-12 tahun.
Disekolah dasar, peserta didik akan diajarkan berbagai hal yang mendasar mulai dari membaca, menulis, berhitung, pengetahuan dan keterampilan dasar yang sesuai dengan tujuan operasioanl pendidikan SD yang dinyatakan dalam kurikulum Pendidikan Dasar yang bermanfaat bagi peserta didik yang sesuai dengan tingkat perkembangannya, serta mempersiapkan mereka (siswa) untuk mengikuti pendidikan di SLTP. Penyelenggaraan pendidikan tidak lain untuk memberikan bekal berupa pengetahuan, sikap dan keterampilan. Ketiga aspek tersebut merupakan landasan pendidkan yang sangatlah penting. Pendidikan dasar inilah yang selanjutnya dikembangkan untuk meningkatkan kualitas diri anak didik.          
Sesuai dengan Sistem Pendidikan Nasional yang tercantum dalam UU No 20 Tahun 2003 yaitu “Untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan  menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab”. Selain diajarkan tentang pengetahuan dan keterampilan, peserta didik juga diajarkan tentang budaya kerapian, disiplin, kebersihan, dll. Di Sekoah, anak dituntut untuk patuh pada aturan sekolah, Seperti memakai pakaian sekolah secara seragam, berangkat sekolah tidak boleh terlambat, dan mau untuk patuh pada aturan sekolah lainnya. Disamping diajarkan budaya disiplin, anak juga akan dibekali dengan ilmu pengetahuan antara lain Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Seni Budaya dan Keterampilan yang sesuai dengan kurikulum tingkat sekolah dasar.
 Untuk pengelolaannya sendiri, pendidikan dasar di Indonesia umunya dibedakan menjadi dua yaitu Sekolah Dasar Negeri yang dikelola oleh Pemerintah dibawah lingkup Kemendikbud sedangkan sekolah dasar swasta dan Madrasah Ibtidaiyah Swasta dikelola oleh masyarakat biasanya dibawah lingkup Kemenag. Disamping itu, ada pula sekolah dasar dibawah lingkup Kemendikbud yang berciri khas agama seperti Sekolah Dasar Kristen, Katolik, dll. Sekian dulu yaa kawan artikel tentang Mengenal Sekolah Dasar. Semoga bermanfaat bagi kalian yang membaca. Sekian dan Terima kasih


No comments:

Post a Comment