Friday, September 26, 2014

Pendidikan Non Formal, Pentingkah ?

Tri Lestari

Mengapa ada pendidkan non formal sebenarnya kebutuhan dunia kerja dan kebutuhan masyarakat yang begitu beragam dan kebutuhan itu belum tentu dapat diajarkan dalam pendidika formal disinilah pendidikan non formal diperlukanan selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang tidak ada diajarkan dalam pendiikan formal,  Jika ada seorang yang  bosan atau kurang cukup dengan sistem pendidikan formal dimana kurikulumnya baku dan keterbatasan lainnya, pendidikan non formal dapat menjadi salah satu alternatif.
Apa sih itu pendidikan non formal?pendidikan nonformal adalah kegiatan diluar pendidikan formal yang terorganisir dan memiliki tujuan yang jelas serta memiliki karakter masing-masing dibuat untuk memenuhi meningkatkan keterampilan , kecakapan, serta membantu dalam menunjang pendidikan formal.
Pendidikan nonformal di indonesia masih diapandang sebelah mata. Banyak perusahaan yang mensyaratkan untuk standart masuknya menggunakan lulusan pendidikan formal. Sebenarnya pendidikan nonformal melatih keterampilan, kecakapan yang siap kerja. Biasanya langsung ke prakteknya dan sedikit teori. Pendidikan non formal kurikulumnya tidak pasti dan jenjangnya pun tidak pasti .
Pendidikan nonformal ada beberapa macam jenisnya, antara lain :
1. Lembaga kursus
   Lembaga pendidikan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Biasanya berupa pelatihan keterampilan dan kecakapan. Bertujuan untuk mengeluarkan peserta didik untuk bisa langsung terjun ke masyarakat, jadi kurikulumnya disesuaikan dengan kebutuhan di masyarakat. Banyak sekali lembaga kursus yang ada sekarang , mulai dari kursus teknologi komputer, menjahit, dan juga kursus bahasa inggris.
2. Lembaga keterampilan masyarakat (pemuda)
     Lembaga pendidikan nonformal ini bertujuan untuk membina masayarakat terutama para remaja dan pemuda agar memiliki keterampilan dan kecakapan. Contonya dalam sebuah desa adanya lembaga karang taruna, remaja masjid. Pendidikan ini berguna untuk meningkatkan kualitas  sumberdaya manusai yang ada di masyarakat.
3. Pendidkan Alquran
    Di desa-desa banyak didirikan pendidikan Alquran dimana pendidikan itu sangat diperlukan untuk mengembangkan dan membentuk karakter masyarakat.
4. Bimbel
     Lembaga pendidikan ini snagat marak sekali apalagi jika menjelang Ujian, banyak eskali bimbel yang di tawarkan. Mulai dari harga yang murah meriah sampai harga yang tinggi. Lembaga ini berfungsi untuk mendukung pendidikan formal. Jika pendidikan yang diterima di pendidikan formal dirasa kurang cukup, banyak siswa yang larinya ke bimbel. Bombel dirasa dapat membantu belajar siswa. Biasanya dengan cara-cara penyelesaian dan pembelajarn yang berbeda membuat para siswa lebih menyukai pembelajaran di bimbel karena tidak membosankan.

Selanjutnya akan dibahas di postingan berikutnya

No comments:

Post a Comment