Monday, September 29, 2014

Pendidikan Karakter Mutlak di Perlukan Indonesia

Rohmat Muflikhul Huda
1102413059

        Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat ekonomi yang cukup rendah, namun angka populasi penduduknya sangat tinggi. Dengan fakta tersebut, menyebabkan Indonesia menjadi salah satu negara dengan angka kriminalitas yang cukup tinggi. Dan lebih parahnya lagi, kriminalitas yang terjadi di Indonesia bukan semata-mata dilakukan oleh segerombolan orang atau oknum yang mengatasnamakan dirinya sebagai preman, namun kriminalitas yang ada di Indonesia sekarang sudah menjamah ranah pelajar. Hal ini di buktikan dengan sering terjadinya perkelahian antar pelajar, tawuran, dan juga free sex yang sekarang sudah dianggap sebagi hal yang biasa. Dengan data-data yang buruk tersebut, bangsa Indonesia perlu berbenah, bangsa Indonesia harus bisa mengembalikan jati dirinya yang dahulu terkenal dengan semboyan “Bangsa yang Beradab dan Berbudi Luhur”. Oleh karena itu, pendidikan karakter mutlak diperlukan oleh semua warga negara Indonesia. Apa itu pendidikan karakter?
           Pendidikan karakter merupakan suatu konsep dasar yang di tanamkan dan aplikasikan ke dalam pemikiran seseorang untuk membentuk akhlak jasmani rohani maupun budi pekertiagar lebih berarti dari sebelumnya sehingga dapat mengurangi krisis moral yang menerpa negeri ini. Pendidikan karakter akan lebih tertanam dan terpaku dalam diri seseorang ketika mulai diberikan sejak usia dini, karena hal yang diberikan dari usia dini akan di ingat-ingat terus sampai remaja, dewasa, tua, bahkan sampai ia meninggal dunia. Dengan memberikan pendidikan karakter kepada generasi penerus Indonesia, diharapkan dapat menjadikan generasi yang  mengedepankan pendidikan karakter sehingga membentuk generasi yang tidak brutal, tidak berperilaku menyimpang, bahkan tidak berprilaku pornografi. Lebih jauh lagi, kita juga mengharapkan dapat berkurangnya tingkat korupsi di Indonesia atau bahkan hilang, dengan meningkatkan pendidikan karakter tersebut.
           Dalam pendidikan karakter ada banyak sekali nilai yang dapat diterapkan di dalamnya, beberapa diantaranya:
1. Religius,
yaitu mereka memiliki jiwa yang patuh dan taat terhadap ajaran yang di ajarkan oleh agama mereka asing-masing.
2. Jujur,
Jujur menjadi aspek penting dalam pendidikan karakter, karena ketika seseorang dapat berperilaku jujur, maka hal yang akan terhindari adalah sebuah kebohongan dan juga sebuah kecurangan.
3. Cinta tanah air,
Seseorang yang sudah cinta terhadap sesuatu, maka dia akan rela melakukan apa saja demi yang di cintainya. Begitu pula ketika seseorang mampu mencintai tanah airnya, maka dia akan rela melakukan apa saja demi tanah airnya, dan dia tidak akan bahkan enggan untuk membuat nama tanah kelahirannya menjadi buruk dan tercoreng akibat ulah darinya.
              Itulah beberapa nilai yang ada dalam pendidikan karakter, yang sebetulnya masih terdapat banyak nilai yang terkandung didalamnya. Dan terakhir, harapan ini bukan dari saya semata, mungkin ini juga menjadi harapan seluruh bangsa Indonesia, yaitu kita semua rindu dengan bangsa yang tenang, damai, aman, dan sejahtera, dengan pemuda-pemuda yang terkenal bukan karena kasus-kasus buruk mereka, namun dengan prestasi-prestasi yang mampu menggoncangkan dunia seperti yang di ungkapkan oleh Bung Karno, dan itu menjadi PR kita semua!!!.



No comments:

Post a Comment