Adidtia Ari Kuncoro
Pada proses pembelajaran sudah menjadi
keharusan bagi seorang pendidik memberikan tugas rumah kepada peserta didik
sehingga pada saat dirumah peserta didik kembali membuka pelajaran yang pernah
mereka pelajari. Akan tetapi, realitasnya pekerjaan rumah ini terkadang menjadi
pekerjaan sekolah dalam artian peserta didik kadang mengerjakan tugasnya
disekolah bersama teman-temannya, kadang pula mereka tidak mengerjakan dengan
alasan lupa. Hal ini lah yang menjadi persoalan yang didapatkan oleh seorang
pendidik dan dianggap karakter tanggung jawab seorang peserta didik terhadap
tugas yang diberikan kurang.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya (kalau terjadi apa-apa boleh
dituntut, dipersalahkan, diperkarakan, dsb), SaidHamid Hasan, dkk (2010:
10) menyatakan bahwa deskripsi tanggung jawab adalah Sikap dan perilaku
seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia
lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan
budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
Indikator Sekolah dalam karakter
tanggung jawab
1. Membuat
laporan setiap kegiatan yang dilakukan dalam bentuk lisan maupun tertulis.
2. Melakukan
tugas tanpa disuruh.
3. Menunjukkan
prakarsa untuk mengatasi masalah dalam lingkup terdekat.
4. Menghindarkan
kecurangan dalam pelaksanaan tugas.
Indikator Kelas dalam karakter tanggung
jawab
1. Pelaksanaan
tugas piket secara teratur.
2. Peran
serta aktif dalam kegiatan sekolah.
3. Mengajukan
usul pemecahan masalah
Kesadaran seorang peserta didik harus
digugah bahwa mereka mesti bertanggung jawab dalam setiap hal termasuk ketika
diberikan tugas rumah, maka mereka harus mengerjakannya tanpa alasan apapun.
Salah satu yang mesti dilakukan oleh
seorang pendidik dalam menghadapi kasus ini adalah strategi dan metode yang
mesti dirubah. Pemberian reward kepada peserta didik yang mengerjakan dan
memberikan punishment kepada peserta didik yang tidak mengerjakan pekerjaan
rumah, serta pemberian nilai yang dibedakan antara yang mengerjakan dirumah dan
yang tidak mengerjakan dirumah sehingga peserta didik merasa bertanggung jawab
dalam pekmberian tugas rumah tersebut dan agar peserta didik yang mengerjakan
merasakan keadilan.
No comments:
Post a Comment