Thursday, January 8, 2015

Sistem Pendidikan Perlu dibenahi

Ika Wulandari

Sistem pendidikan perlu dibenahi? Yaa, memang benar. Sistem pendidikan di Indonesia memang harus dibenahi agar pendidikan kita dapat menghasilkan generasi yang mampu bersaing di kancah globlal. Tapi apakah harus memberhentikan kurikulum yang sedang setengah berjalan? Bahkan belum semua marasakannya. Apakah ini tidak membingungkan?
            Salah satu alasan K-13 diberhentikan adalah karena sistem penilaian K-13 yang memerlukan waktu yang cukup lama. Guru harus bekerja keras ketika mendekati waktu pembagian rapor. Rapor dalam K-13 berbeda dengan rapor dalam kurikulum sebelumnya. Dalam rapor ini tidak lagi berisikan angka merah, jadi siswa tak perlu khawatir jika rapornya mendapat nilai rendah dan berwarna merah.  Rapor ini berisikan nilai A+ sampai C- dan berisikan deskripsi dari kemampuan setiap siswa. Tentunya guru akan kewalahan dalam menulis deskripsi nilai dari kemampuan setiap siswa.
            Kurikulum 2013 baru berjalan setengah perjalanan, dan pastinya membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Tak harus diberhentikan, namun tingkatkanlah kompetensi dari guru-guru tersebut agar tak memakan waktu lama untuk beradaptasi. Jangan langsung beranggapan bahwa sesuatu tak layak pakai untuk bangsa ini.
            Banyak hal bermanfaat lain yang dapat dipetik dari K-13 ini.  Dari satu buku kita dapat belajar berbagai materi dan dapat dikaitkan langsung dengan kehidupan kita sehari-hari. Pembelajaran yang tadinya hanya menulis dan mendengar, dengan K-13 pembelajaran menjadi menyenangkan dengan berbagai media pembelajaran yang menunjangnya. Namun berbagai media pembelajaran yang menyenangkan tak mampu didapat jika guru tak kompeten dalam mengemasnya. Lagi lagi yaa, harus meningkatkan kompetensi dari guru, bukan memberhentikan sesuatu yang bermanfaat di tengah jalan.
            Sistem pendidikan di Indonesia memang perlu dibenahi. Pembenahan sistem pendidikan bisa dimulai dari meningkatkan kompetensi guru. Kompetensi keprofesionalan guru harus dilmiliki oleh setiap guru agar guru lebih mudah beradaptasi dengan perubahan zaman

No comments:

Post a Comment