Thursday, January 1, 2015

Sistem Pendidikan Impian

Homsa Diyah Rohana

Setiap orang pasti bermimpi, setiap orang pasti memiliki keinginan. Keinginan manusia memang tidak ada batasnya, tidak ada hentinya ‘no limits’. Satu keinginan terpenuhi, muncul keinginan-keinginan yang lainnya yang terus mengantre dibelakangnya. Sama halnya dengan kualitas pendidikan di Indonesia. banyak masyarakat yang menginginkan kualitas pendidikan di Indonesia menjadi semakin baik. Maka sebab itu,  untuk bisa menggapainya dilakukanlah upaya-upaya yang dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Pendidikan sering di sebut-sebut namanya sebagai kunci keberhasilan suatu bangsa. Ada juga yang mengatakan sistem pendidikan yang diberlakukan suatu bangsa juga berpengaruh terhadap kualitas pendidikan di negara tersebut. Sistem pendidikan yang dijalankan di Indonesia yang sudah berjalan berabad-abad ternyata masih belum bisa diakui keberhasilannya oleh dunia. Walau begitu, masih banyak juga negara yang lebih tertinggal dari Indonesia.
Berbicara mengenai sistem pendidikan impian, tentu adalah sistem pendidikan yang dapat mengubah kualitas pendidikan ‘benar-benar’ menjadi lebih baik. Namun jika bertanya impian, akan berbeda antara impian orang yang satu dangan orang yang lainnya. Jika diketahui, banyak siswa-siswi yangberkualitas di Indonesia. Namun sayangnya siswa-siswi tersebut justru banyak di “adopsi” oleh negara lain, jadi Indonesia terkesan tidak ada orang yang berkualitas dan istimewa yang dapat mengubah negerinya dari keterpurukan.

          Jika saya, punya mimpi untuk sistem pendidikan di Indonesia yang membebaskan. Membiarkan keorisinalitasan dari seorang siswa. Membiarkan siswa berkembang dengan kemampuan yang di milikinya. Jadi siswa akan terlahir dengan keorisinilannya. Bukan dibuat-buat, atau dipaksa. Saya membayangkan hal tersebut akan sangat menyenangkan. Tidak ada “nightmare” untuk Ujian Nasional dan Ujian-ujian lainya yang pada dasarnya mereka tidak menyukainya. Namun hal tersebut hanya bisa enjadi mimpi semata, mungkin tidak hanya saya yang bermimpi demikian. Jutaan manusia diluar sana pasti banyak yang memimpikan hal tersebut. Karena tidak dipungkiri, sistem pendidikan yang berjalan di negeri ini tidaklah menyenangkan, tidak memberikan ruang ekspresi yang seluas-luasnya untuk mereka benih-benih negara ini. But it just my feel about my dream !

No comments:

Post a Comment