Thursday, January 1, 2015

Karakter Berdasarakan Golongan Darah Ternyata Tidak Ilmiah

Ahmad Ghilman

         Selama ini kita sering mempercayai bahwa karakter dapat ditentukan dari golongan darah. Sebagai contoh tipe a diyakini sebagai pemilik kepribadian yang sangat hati-hati dan perfeksionis, tipe b diyakini sebagai seorang yang konyol dan cuek, tipe ab disebut-sebut sebagai si rasional yang tenang, dan tipe o adalah sosok yang sangat optimis dan pekerja keras.
         Salah satu negara yang rakyatnya banyak mempercayai teori golongan darah adalah jepang. Dalam banyak kegiatan, mulai dari pemerintahan hingga rakyat banyak yang menggunakan teori golongan darah ini. Seperti lowongan kerja yang hanya menerima karyawan dari golongan darah tertentu.
         Ternyata teori seperti itu tidak ilmiah. Tidak ada bukti ilmiah baik berupa penelitian maupun pengamatan yang dapat mendukung teori ini. Memang studi terhadap karakter golongan darah pernah dipublikasikan oleh takeji furukawa. Namun banyak pakar yang mengkritik studi ini karena dianggap tidak ilmiah dan tidak didasari bukti yang kuat.
        Akibat kepercayaan yang telah berlangsung lebih dari seabad ini, banyak orang percaya bahwa golongan darah akan mempengaruhi karakter diri mereka. Padahal ini jelas tidak ada bukti ilmiahnya.
Semoga kita semakin cerdas dalam mencari ilmu pengetahuan.

No comments:

Post a Comment