Thursday, January 8, 2015

Singapura dengan Sistem Pendidikannya

Ika Wulandari

Kemajuan bangsa salaah satunya ditentukan oleh pendidikan bangsa tersebut. Singapura adalah negara yang kecil namun menjadi negara termaju di Asia Tenggara. Hal ini terjadi salah satunya karena Singapura memiliki pendidikan yang sangat bagus. Pendidikan di Singapura disusun menggunakan sistem pendidikan yang sangat bagus untuk menjadikan masyarakatnya mampu bersaing di dunia global.
            Sistem pendidikan di Singapura didasarkan pada pemikiran bahwa setiap siswa mempunyai potensi dan bakat tersendiri yang perlu dikembangkan. Pendidikan Singapura awalnya mengunakan sistem tradisional, namun setelah melihat potensi dan bakat siswa yang harus dikembangkan maka Singapura menggunakan cara yang fleksibel untuk mengembangkan potensi dan bakat itu. Dan akhirnya cara-cara untuk menembangkan potensi dan bakat siswa dijadikan sebagai dasar yang permanen.
            Pendidikan di Singapura memiliki kurikulum yang membuat siswanya mampu berinovasi dan memiliki semangat menjadi pengusaha. Pendidikan ini mengharapkan siswanya kelak akan mampu bertahan di lingkungan persaingan dan memperoleh masa depan yang lebih cerah.
Keunggulan dari sistem pendidikan di Singapura telah diakui oleh dunia. Banyak warga asing yang bersekolah di Singapura. Singapura menerima berbagaai siswa dari luar negeri selama masih ada tempat. Singapura juga memberikan beasiswa untuk siswa dari negara asing. Awalnya agar mereka mau bekerja di Singapura, namun ini hanyalaah agar mereka kelak akan mengenang Singapura dan akan menjadi relasi dengan negara lain.
Pendidikan di Singapura juga ada Ujian Nasional untuk evaluasi siswa. Tetapi ujian ini tak menentukan kelulusan. Di Singapura semua siswa berhak melanjutkan sekolahnya. Namun hanya yang benar-benar kompeten yang dapat masuk ke universitas di Singapura, sedangkan yang kurang kompeten melanjutkan ke universitas luar negeri.
Singapura membentuk masyarakatnya menjadi masyarakat yang benar-benar kompeten melalui pendidikannya. Sistem pendidikan di Singapura selalu melakukan evaluasi bagi kurikulumnya. Setiap ada perubahan zama, Singapura selalu menyisipkannya dalam kurikulum pendidikannya.
Apabila pendidikan di Indonesia digunakan untuk menghasilkan siswa yang kompeten, tentunya Indonesia akan menjadi negara maju seperti Singapura. Jangan mau kalah dengan Singapura yang memiliki wilayah yang sedikit dan tak memiliki sumber daya alam apapun.

No comments:

Post a Comment