Friday, January 2, 2015

Ekstrakurikuler Wajib

@ilhamxfarid

            Ekstrakurikuler adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh siswa di sekolah di luar jam pelajarannya. Kegiatan ekstrakurikuler ini biasanya dilakukan untuk pengembangan suatu bakat atau minat siswa yang mengikutinya. Baik dari segi akademik  maupun non akademik. Untuk mengikuti ekstrakurikuler ini juga tidak ada unsure paksaan dari pihak lain, jadi sifatnya sukarela.
            Bentuk dari ekstrakurikuler ini sendiri beragam. Mulai dari bidang kesenian, olahraga, pengembangan diri, dan kegiatan positif lainnya. Selain sebagai pengembangan bakat dan minat ektrakurikuler juga bias dijadikan sebagai ajang untuk menorehkan berbagai prestasi. Karena tidak jarang siswa-siswi yang lemah di bidang akademik mempunyai kelebihan di bidang non akademiknya dan ini juga bias dimanfaatkan oleh sekolahnya sebagai suatu daya tarik atau kelebihan dari sekolah tersebut. Berbagai prestasi yang didapat ini juga bias digunakan untuk menarik minat calon siswa yang akan masuk di sekolahnya.
            Di kurikulum 2013 ini ekstrakurikuler pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib bagi siswa maupun siswi di jenjang sekolah SD, SMP, dan SMA. Lantas jika ekstrakurikuler pramuka ini bukan suatu kegiatan atau ekstrakurikuler yang disukai siswa-siswi ini bagaimana? Katanya ekstrakurikuler ini sebagai ajang untuk pengembangan bakat dan minat siswa? Bukankah suatu yang dipaksakan tidak akan berjalan dengan baik atau semestinya? Bukankah untuk mengikuti suatu kegiatan ekstrakurikuler itu jauh dari unsure paksaan?

            Mungkin maksud dari pemerintah dengan mewajibkannya ekstrakurikuler pramuka ini untuk menumbuhkan jiwa cinta tanah air dan lain sebagainya. Harapan-harapan suci dari pemerintah tertanam di ekstrakurikuler ini. Akan tetapi jika pada pelaksanaanya tidak baik bagaimana? Seharusnya pemerintah dalam menerapkan kebijakan ini harus mempertimbangkan bakat dan minat siswa terlebih dahulu. Karena untuk mewujudakan tujuan-tujuan mulia tersebut tidak melulu dengan mewajibkan suatu ekstrakurikuler. Kalau semuanya suka sih tidak masalah namun akan muncul suatu masalah jika ada suatu paksaan untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tersebut.

No comments:

Post a Comment