Thursday, January 1, 2015

Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Bakat dan Minat pada Anak

Alimi

Sejak lahir seorang anak sudah di anugerahi bakat yang istimewa oleh yang maha kuasa, namun terkadang bakat ini tidak mampu untuk berkembang sebagaimana mestinya karena ktidakpahaman orang tua atau bahkan fasilitas pendukung yang tidak diberikan secara optimal untuk mendukung segala potensi yang dimiliki seorang anak. Padahal banyak para ahli mengatakan bahwa masa kanak-kanak adalah masa emas di mana segala potensi seorang anak bias terlihat dan harus dikembangkan secara optimal.
Sehingga pada tahap-tahap itulah perna orang tua sebagai guru dirumah sangat penting dalam mendeteksi sejak dini, hal-hal apa saja yang di senangi oleh anaknya sehingga kelak anaknya akan menguasai hal yang di senanginya. Sungguh suatu ironi dimana sekarang orang tua lebih sering memaksakan kehendaknya untuk sekedar meraih prestise di masyarakat terhadap anaknya. Anak di paksa untuk mengikuti hala-hal yang tidak menjadi kesenangannya oleh orang tua, hingga terjadi pertengkaran yang pada akhirnya akan memadamkan semangat kreativitas seorang anak. Pola pengajaran orang tua terhadapa anak sangat penting dalam menumbuhkan bakat dan minat seorang anak, selain yang dia dapat di sekolah. Untuk itulah sifat egoism dari orang tua harus di hindari, agar seorang anak memiliki kebebasan menentukan pilihan hidupnya.
Hal-hal yang dapat dilakukan orang tua untuk mengetahui dan mengembangkan bakat dan minat seorang anak untuk mencapai kesuksesan pendidikan, diantaranya adalah :
1.      Mendeteksi sejak dini hal-hal yang menjadi kesenangan seorang anak (contoh: melukis,bermain musik dll).
2.      Mengarahkan anak pada hobi yang menjadi rutinitasnya.
3.      Melakukan pengawasan dan pengajaran yang menyenangkan terhadap anak.
4.      Memberikan fasiltas lebih terhadap potrnsi atau bakat yang di mliki seorang anak.
5.      Orang tua harus bisa  menjalin komunikasi yang baik dengan anak, agar seorang anak bisa lebih terbuka terhadap segala yang dia rasakan, dan orang tua di sini bisa menjadi teman curhat yang baik bagi anak.
Dengan semua itu diharapkan orang tua lebih memperhatikan segala proses tumbuh kembang seorang anak baik secara fisik maupun psikologis. Sehingga orang tua bisa memberikan fasilitas atau penanganan yang tepat terhadap bakat yang dimiliki anaknya. Perhatian adalah kunci dimana hubungan antara orang tua dan anak bisa terjalin lebih intim, karena pada dasarnya tidak ada satupun orang tua di dunia ini yang menginginkan kegagalan terhadap anaknya, namun pasti menginginkan kesuksesan pada anaknya, dan kesuksesan tidak dapat diraih tanpa usaha dan perjuangan untuk memperoleh kesuksesan seorang anak di masa yang akan datang.

Pada akhirnya peran orang tua sangatlah besar terhadap kesuksesan seorang anak, memahami karakter anak dan bakat nya akan menjadi kunci keberhasilan anak dalam mencapai hal-hal yang menjadi kesenangannya. Untuk itulah orang tua juga menjadi factor penentu keberhasilan anaknya. 

No comments:

Post a Comment