Khusnul
Roifah
Tertarik dengan sekolah
swasta yang sudah bonafide dalam segi kualitas pendidikan dengan sekolah swasta
yang masih terkesan “amatiran”. Keadaan sekolah swasta nasional yang sudah bonafide
dalam bidang pendidikan sangatlah berbanding terbalik dengan sekolah swasta
yang masih terkesan “amatiran”.
Ketika itu, kelompok
saya melakukan observasi di SMA Karangturi Semarang. kami mewawancarai Ibu
Septi, beliau menjelaskan tentang sistem pendidikan di sana. Mulai dari
kurikulum, cara menanamkan karakter bagi warga sekolah tersebut, guru yang
profesional, peserta didik, orang tua murid, dan lain sebagainya. Sepertinya
sistem pendidikan di sana tertata dengan rapi tanpa ada setitikpun kekurangan
di dalamnya. Di sekolah tersebut melakukan pembelajaran aktif selama lima hari
yaitu hari Senin sampai dengan Jumat. Hari Sabtu digunakan untuk peningkatan
sumber daya manusia, seperti dengan dilakukannya clinical, remidial, dan untuk perbaikan. Itu adalah program mereka
untuk meningkatkan prestasi siswa dalam hal akademik dan non-akademik.
Di SMA karangturi
memiliki tiga slogan yaitu semua anak baik, semua anak berbakat, dan semua anak
bisa. Masing-masing poin memiliki arti yang sangat luar biasa. Poin pertama
yaitu semua anak baik. Semua anak baik secara karakter, oleh karena itu sekolah
tersebut mengupayakan agar terbentuknya karakter yang baik, baik itu dari guru
maupun muridnya. Seorang murid akan memiliki karakter yang baik apabila ia
mencontoh orang yang berkarakter pula. Seperti contohnya, guru yang disiplin
akan mempengaruhi muridnya untuk disiplin. Di sana, guru harus sudah sampai di
sekolah pukul 06.30 WIB, setelah itu guru melakukan briefing dan doa bersama.
Dan murid masuk pukul 06.55 kemuian menyanyikan lagu Mars Karangturi. Jika
murid telat, maka wali kelas akan menegur anak tersebut.
Poin kedua yaitu semua
anak berbakat. Sekolah tersebut mendukung pengembangan bakat dan minat
siswanya. Sekolah memberikan fasilitas untuk si anak agar bisa berprestasi dan
memberikan nama baik untuk sekolah. Sekolah tersebut telah memiliki prestasi
akademin dan non akademik.
Poin ketiga yaitu semua
anak bisa naik kelas. Semua anak bisa naik kelas, hanya saja waktunya yang
berbeda. Di sana menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS). Itu adalah upaya
sekolah untuk menerapkan akselerasi. Ketika anak yang memiliki kelemahan dalam
pembelajaran, maka akan mendapatkan bimbingan pada hari Sabtu. Dalam bimbingan
itu, anak akan dipantau sejauh mana perkembangan si anak sampai ia bisa seperti
teman-teman lainnya.
Untuk sistem
administrasi di sekolah tersebut sudah diurus oleh pihak yayasan. Jadi SMA
tidak mengurusi masalah biaya, sekolah hanya mengurusi proses pembelajaran.
Guru-guru di Karangturi juga bukan orang sembarangan, mereka adalah orang yang
profesional. Untuk masuk sekolah tersebut harus bersaing dengan anak-anak lain
yang memang memiliki prestasi, peminatnya sangat banyak. Orang tua murid di
sana adalah orang-orang yang peduli dengan pendidikan. Mereka menginginkan yang
terbaik untuk anaknya.
Bandingkan dengan
sekolah swasta yang terkesan masih terkesan amatiran. Di daerah saya, ada
sekolah swasta seperti wadah bagi orang-orang yang tidak masuk di sekolah
negeri. Sekolah tersebut ibarat hanya sebagai pelarian. Peminat untuk masuk
sekolah tersebut juga sedikit. Semua orang yang mendaftar, itulah yang diterima
menjadi murid sekolah. Tenaga pendidiknya juga terkesan masih belum
profesional. Tata tertib sekolah juga belum sepenuhnya dilaksanakan. Banyak
murid yang merokok, terlambat datang ke sekolah, dan lain sebagainya. Untuk
sistem administrasi, masih ada pungutan-pungutan yang dibebankan dari sekolah.
Biaya yang banyak tapi belum sebanding dengan apa yang didapatkan. Seperti
fasilitas yang kurang memadai, tenaga pengajar yang belum profesional, dan lain
sebagainya.
Bandingkan dengan sekolah
swasta yang memang benar-benar berkualitas. apakah yang salah dengan
swasta-swasta tersebut? tidak ada yang salah, hanya saja sistem yang kurang
baik. Seperti artikel yang saya tulis minggu kemarin, sistem yang baik akan
menciptakan mutu pendidikan yang baik pula. Lagi-lagi sistem yang harus
diperbaiki. Hendaknya masing-masing sekolah sadar akan artinya pendidikan dan
kemudian memberikan aksi untuk kemajuan pendidikan. Sistem pendidikan di
sekolah-sekolah harus diperbaiki agar kualitas pendidikan semakin baik.
No comments:
Post a Comment