Friday, November 28, 2014

Tempat Pendidikan Al-Qur’an

Tri Lestari Utami
Facebook : Tri Lestari Utami

            Tempat pendididikan Alqur’an atau sering disingkat TPA tapi jangan salah kalau TPA itu adalah tempat penitipan anak. Tempat pendidikan al-qur’an adalah salah satu lembaga pendidikan non formal yang biasanya berada di setiap desa. Untuk kebanyakan TPA ini biasanya berisi anak usia sekolah dasar sampai sekolah menengah pertama. Biasanya pelakasanaan TPA ini tidak setiap hari tergantung dari lembaga tersebut. Biasanya pelaksanaan ini sehabis sepulang sekolah formal. Dan biasanya materi yang diajarkan mulai dari membeca huruh Arab dari nol biasanya seorang anak TK juga sudah masuk pendidikan ini.
            Pendidikan yang dilaksanakan disini mengajarkan tidak hanya Alquran saja tapi juga pendidikan agama lainnya . biasanya jenjangnya setelah Iqro selesai sampai jilid 6 maa akan dilanjutkan dengan membaca Alqur’an. Dan selanjutnya jika sudah khatam alqur’an maka dilanjutkan dengan madrasah dengan materi pembelajaran seputar agama. Dengan materi seperti aqidah, akhlak, fiqih juga dengan mengkaji kitab juga tidak ketinggalan pembelajaran Alqur’an . pendidikan alquran disini mendidik anak untuk memiliki karakter tidak hanya pelajaran atau akademik saja tapi lebih ditekankan pada pendidikan akhlak dan karakter. Tujuan dari tempat pendidika alqur’an disini adalah diharapkan anak-anak yang belajar disini nantiya menjadi manusia yang taqwa dan iman, serta diharapkan peserta didik mampu menjalankan ibadah sesuai dengan ketentuan atau syari’ah yang diajarkan. Dengan adanya pendidikan Alqur’an ini diharapkan mampu menjadi penunjang selain siswa mendapatkan pendidikan formal di sekolah dasar.
            Tempat pendidikan Alquran adalah suatu lembaga pendidikan nonformal yang sangat membenatu anak untuk mendapatkan pendidikan akhlak dan pendidikan religius atau keagamaan. Dengan adanya pendidikan non formal ini selain harganya lebih murah dibandingkan dengan pendidikan formal. Dengan adanya TPA masyarakat sangat merasakan manfaatnya, anak-anak emnjadi bisa belajar lebih dalm tentang agama juga dapat mengisi waktu senggang anak. Menjadikan anak tidak melakukan hal-hal negatif karena seorang anak akan pergi ke tempat Pendidika alqur’an ini. Sekian artikel untuk minggu ini untuk selanjutnya terus ikuti artikel selanjutnya yak .. tetap semangat J

No comments:

Post a Comment