Monday, November 24, 2014

Fungsi Peranan Pengembangan Kurikulum

Muafid Ardiansyah

      Setiap pengembangan kurikulum, pasti ada sesuatu hal yang ingin dicapai. Pengembangan kurikulum juga digunakan untuk memperbaiki kurikulum yang sudah ada atau dalam hal ini memiliki manfaat tersendiri. Namun, selain memiliki manfaat, pengembangan kurikulum juga memiliki beberapa fungsi. Adapun fungsi dari pengembangan kurikulum yaitu:

a. Fungsi kurikulum dalam rangka mencapai tujuan sekolah
    Adanya kurikulum berfungsi untuk mencapai tujuan sekollah yang sudah ditetapkan. Dengan kata lain, semisal tujuan yang telah ditetapkan belum tercapai, maka seseorang akan meninjau kembali alat yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut, yang dalam hal ini adalah kurikulumnya.

b. Fungsi kurikulum bagi anak didik
    Kurikulum sebagai perangkat pembelajaran digunakan atau dipersiapkan untuk peserta didik. Peserta didik diharapkan mendapat sejumlah pengalaman baru yang dapat digunakan dalam kehidupannya dan sesuai dengan taraf perkembangan kehidupannya. Kurikulum untuk mencapai tujuan pendidikan juga seharusnya menawarkan sejumlah program bagi peserta didik, sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

c. Fungsi kurikulum bagi pendidik
    Guru sebagai ujung tombak dalam pendidikan, sehingga gurulah yang paling mengerti dan paham mengenai kurikulum. Adapun fungsi dari kurikulum bagi pendidik adalah:
   * Sebagai pedoman kerja dalam menyusun dan mengorganisasi pengalaman belajar pada anak              didik.
   * Sebagai pedoman untuk mengadakan evaluasi terhadap perkembangan anak didik dalam rangka         menyerap sejumlah pengalaman yang diberikan.

d. Fungsi kurikulum bagi kepala sekolah
    Kepala sekolah sebagai pemimpin dalam suatu instansi juga sebagai penganggungjawab dari berlangsungnya kurikulum di sekolah yang ia pimpin. Adapun fungsi kurikulum bagi kepala sekolah adalah:
    * Sebagai pedoman bagi supervisi guru
    * Sebagai pedoman untuk administrasi
    * Sebagai pedoman untuk mengadakan evaluasi atas kemajuan belajar.

e. Fungsi kurikulum bagi masyarakat
   Masyarakaat sebagai tempat nantinya para lulusan mengembangkan atau menggunakan pengetahuan yang ia dapat selama dibangku sekolah, tentu dapat merasakannya. Sehingga fungsi kurikulum bagi masyarakat sendiri adalah:
    * Ikut memberikan kontribusi bagi kemajuan pendidikan yang membutuhkan kerjasama dengan            masyarakat
    * Dapat memberikan saran maupun kritik bagi kemajuan pendidikan.

No comments:

Post a Comment