Thursday, November 20, 2014

Perlunya Memahami Karakter Peserta Didik

Ika Wulandari
Memahami karakteristik peserta didik merupakan  hal yang sangat penting dalam pembelajaran. Dengan memahami karakteristik peserta didik banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari memahami karakteristik peserta didik. Dengan begitu maka masalah pendidikan di Indonesia tak akan ada lagi dan masyarakat Indonesia akan menjadi masyarakat cerdas.
Dalam pembelajaran, guru perlu memahami karakteristik peserta didik agar kegiatan belajar mengajar bisa diterima peserta didik dengan senang. Mereka tidak merasa terbebani (ngantuk mungkin) karena guru mampu memberikan trik-trik hebat sesuai kepribadian mereka. Guru akan mengerti cara peserta didik menerima materi pelajaran yang cepat sampai sesuai karakteristik masing-masing. Guru akan mampu memperlakukan peserta didiknya sesuai karakteristik mereka. Anak yang agak lambat ketika menerima materi akan sering diberi kesempatan untuk bertanya atau mengerjakan di depan kelas. Peserta didik ini perlu perlakuan yang halus dari guru, begitu pula jangan biarkan peserta didik ini minder karena merasa tidak bisa. Guru harus memberikan semangat dalam bentuk apapun kepada peserta didik ini.
Begitu pula peserta didik yang merasa dirinya lebih dewasa dari teman-temannya. Peserta didik ini akan menyepelekan guru ketika dia diperlakukan seperti anak kecil. Peserta didik ini harus diperlakukan seperti teman sebaya dari guru tersebut.
Masih banyak karekateristik lain yang harus guru pahami. Dengan begitu apa yang menjadi tujuan pendidikan akan tercapai sepenuhnya. Masalah ini memerlukan guru yang profesional yang mampu menghasilkan peserta didik yang profesional pula. Maka perlunya perbaikan sistem pendidikan yang mampu menghasilkan pendidik profesional.

No comments:

Post a Comment