Monday, November 17, 2014

Perubahan


Anwar Sandi
1102413064

Pendidikan adalah hal pokok dan setiap orang berhak mendapatkan pendidikan tanpa terkecuali, karena pendidikan adalah dasar pembangunan yang mendasar dari suatu bangsa. Pendidikan akan berhasil apabila ad kesadaran bersama, maksudnya adalah sadaran dari pemerintah baik organisasi-orgkenisasi yang berhubungan dengan pendidikan dan juga masyarakat. System pembelajaran yang mendukung anak supaya belajar dengan maksimal harus ditingkatkan agar tercapai pendidikan yang berkualitas.
Cara mengajar di pendidikan formal sekarang ini perlu ditingkatkan, mulai dari cara mengajar dan yang dipelajari. Seharusnya bahan pelajaran yang ada di pendidikan formal sekarang perlu adanya perubahan, yakni bahan pelajaran yang sekarang diajarkan pelu adanya refisi. Bahan pelajaran yang diajarkan seharusnya tidak terlalu banyak mempelajari hal-hal yang lama seperti matematika misalnya masih mempeljari aljabar dan yang lainnya. Sebaiknya di dalam pendidikan sekarang ini yang bila ditelaah dari pesatnya perkembangan jaman juga harus mempelajari hal-hal yang baru misalnya apa yang sedang ditemukan sekarang, dan siswa juga harus didorong untuk menemukan hal yang belum terpecahkan pada masa lampau, atau menemukan inovasi-inovasi.
Pendidikan harus menyesuaikan dengan perkembangan jaman mulai dari apa yang diajarkan, standar pendidikan, dan sebagainya. Standar pendidikan di Indonesia masih sangat rendah, oleh karena itu harus ada perbaikan dalam system ini, memang kondisi Indonesia yang luas dan terdiri dari beribu-ribu pulau menimbulkan kesenjangan dan tidak meratanya pendidikan oleh karena itu distribusi tenaga pendidik, sarana dan prasarasarana pendidikan yang memadahi ke daerah daerah yang masih minim pendidikan dalam tanda kutip “tertinggal” harus sangat maksimal, sehingga di daerah yang tertinggal tersebut mampu bersaing, atau mengimbangi pendidikan yang berrada di pusat. Peran dari relawan atau orang orang yang perduli dengan pendidikan juga sangt penting, kan percuma kalau pemerintah sudah berusaha semaksimal mungkn tapi kesadaran dari setiap orang tidak ada sama saja omong kosong saja. Pendidikan formal sekarang ini jangan cuma menerapkan system yang monoton dari dulu sampai sekarang, harus ada inovasi yang nyata dan tidak ada salahnya mengadopsi system pembelajaran dari negara maju, tetapi jangan meniru. Karena mengadopsi itu artinya tidak meniru, kita harus mengembangkan pendidikan kita agar kita semaksimal mungkin, bukan tidak mungkin kita kelak bisa menjadi pusat pendidikan dunia.

No comments:

Post a Comment