Thursday, November 20, 2014

Muhammad Arwani

     Kurikulum 2013 adalah sebuah kurikulum yang didesain untuk menjawab tantangan abad 21 dengan menitik beratkan pada proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Sehingga pada proses pembelajaran ini anak belajar untuk dapat mengetahui ilmu pengetahuan yang disampaikan oleh guru melalui kegiatan-kegiatan yang menekankan pada pendekatan saintifik. Diantara kegiatan tersebuat ada, kegiatan observasi, bertanya atau tanya jawab, mengumpulkan data, mencoba atau bereksperimen, mengkomunikasikan atau membuat kesimpulan. Ini adalah bebehapa hal dan sedikit tahapan-tahapan yang di lakukan oleh anak dalam mengimplementasikan kurukulum 2013.
     Sedangkan persiapan dan kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum ini adalah masih dalam masa penyesuaian. Dalam masa transisi ini guru juga masih belajar dan beradaptasi dengan gaya pembelajaran yang baru. Karena guru yang dulunya masih menggunakan metode teacher centered dan sekarang mulai belajar menggunakan metode student centered atau siswa yang di tuntut untuk lebih aktif dalam proses pembelajarannya. Dalam masa ini masih membutuhkan waktu dan proses yang cukup lama.
     Guru juga memiliki peran untuk menilai siswa dalam 3 kompetensi. Yaitu nilai untuk pengetahuan, nilai untuk kompetensi keterampilan dan nilai sikap. Dulu dalam kurikulum KTSP tidak ada seperti itu karena masih dalam masa transisi, guru sangat berperan dalam hal ini dengan memberikan contoh yang baik kepada siswa. Dalam hal ini peran seorang guru adalah Guru memberikan teladan bagi anak didiknya, menjadi fasilitator pada saat pembelajaran, pengetahuan, keterampilan dan lain sebagainya.
      Sedangkan tugas sekolah adalah memfasilitasi kebutuhan kebutuhan yang di perlukan untuk memdukung dan menunjang proses pembelajaran misalkan siswa harus mengobservasi dari internet maka sekolah harus memperbaiki jaringan internetnya, kebutuhan akan ruang lab, Kemudian anak harus berdiskusi maka harus ada perubahan dalam seting kelas dll. Merupakan salah satu hal kecil yang dilakukan oleh sekolah untuk mendukung implementasi kuriklum 2013 sehingga dapat mencapai tujuan yang di harapkan.

No comments:

Post a Comment