Wednesday, November 19, 2014

Sertifikasi Mencetak Pengajar Profesional?

Tuti Awaliyah
tutiawaliyah94@yahoo.co.id

            pemerintah telah melakukan banyak cara untuk meningkatkan profesionalisme dari pengajar di Indonesia, namun Nampak ya masih banyak masyarakat yang memandang hal tersebut sebelah mata. Masyarakat hanya terus-terus menyatakan bahwa pemerintah hanya menghambur-hamburkan dana lah, itulah dan lain sebagainya. Kapankah masyarakat akan mendukung program dari pemerintah? Jika masyarakatnya saja masih banyak yang menjatuhkan pemerintah. Masyarakat hanya bisa menilai, menyalahkan, mengkritik tanpa melakukan dudukungan apapun dari apa yang telah pemerintah lakukan.
            Pendidikan profesi guru itu merupakan salah satu strategi untuk menciptakan para pengajar atau guru-guru yang profesional, di dalamnya ada tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh seorang guru mulai dari UKG (ujian kompetensi guru) dan jika lulus selanjutnya guru akan di bina dalam pelatihan kependidikan. Disitulah harapan pemerintah agar seorang guru dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk membenah diri sehingga dapat menjadi guru atau pengajar yang professional.
            Memang tidaklah mudah mengatakan seseorang telah atau belum menjadi seorang yang professional, karena itu semua penilaian orang. Namun yang diharapkan pemerintah yaitu guru dapat mengajar secara maksimal sehingga ilmu yang dia punya bisa di salurkan kepada peserta didik nantinya.
            Banyak gojang ganjing yang terjadi di masyarakat mengenai sertifikasi ini, karena dinilai hanya memberikan tunjangan kepada guru yang masih belum bisa dikatakana professional. Namun sebagai masyarakat yang percaya terhadap pemerintahannya, apa salahnya jika kita percaya dan yakini bahwa tidak ada guru yang ingin peserta didiknya bodoh tentu tujuannya sama yaitu untuk mecerdaskan, memberikan pengetahuan, memberikan kepribadian dan semua hal yang baik tentunya. Maka yakinlah suatu saat nanti apa yang telah dicanangkan oleh pemerintah pastinya akan memberikan hasil. Semoga kedepannya sertifikasi ini bisa terus membuat para pengajar di Indonesia menjadi professional dan pendidikan di Indonesia akan terus maju dan lebih baik dari pada sebelum-sebelumnya.



No comments:

Post a Comment