Thursday, November 27, 2014

Wadah Pengembang Generasi Bangsa

Ferlina Khoirun Nisa

            Heloooooooooo.. kembali lagi dengan sapaan hello dari saya si penulis abal-abal hehe. Artikel ini entah yang ke berapa, karena sudah dikejar oleh si editor yang cerewet sekali nagih hutang artikel. Jadi, saat ini juga, saya si penulis abal-abal akan menjabarkan kembali mengenai tema yang sama dari kemarin yaitu tentang sekolah non-formal. Sekolah adalah wadah dari generasi bangsa kedepan, untuk itu perlu adanya penanganan yang baik dan terurus.
            Pada dasarnya, sekolah itu hanya wadah yang secara terencana dan terstruktur yang berguna untuk membantu generasi penerus mengembangkan potensinya dengan cara belajar. namun, belajar juga bisa dimana saja dan kapan saja. Peran sekolah memang sangat penting dalam proses anak menuju kesuksesan, tapi tidak semua siswa bisa sukses masa depannya hanya karena belajar di sekolah. Ini yang masih menjadi luka lama dari sekolah itu sendiri. Bahkan bisa dibilang kulaitas pendidikan seseorang tidak signifikan dengan kemampuan mencari jodoh.
            Dalam hal ini tidak bisa mengambil persepsi mana yang salah dalam prosesnya. Tidak bisa menyalahkan pihak sekolah atau guru atau muridnya. Perlu adanya kesadaran dari masing-masing pihak bahwa pembelajaran yang terpenting adalah pembelajaran yang didapat sedari dalam kandungan, dan dalam perkembangannya juga harus ada pihak yang dapat mengangkat potensi terpendam dari seorang siswa. Dalam hal ini sekolah non-formal dirancang untuk menggali potensi siswa. Dalam sekolah non-formal siswa diberi pelajaran yang mengarah pada diri siswa, yang berguna bagi masa depan muridnya dalam menghadapi dunia luar yang belum menjadi dunianya.

            Sekolah non formal dirasa sesuai untuk generasi bangsa dalam mengembangkan potensinya. Untuk menhadapi dunia luar yang belum mereka ambah. Siswa dari awal sudah dibekali kemampua-kemampuan dasar yang tersirat dari pembelajaran yang mereka terima. Untuk itu, generasi bangsa memang membutuhkan wadah yang bisa memberikan ilmu baik ilmu hayati maupun non hayati, yang bisa berguna bagi kesuksesan mereka mengahdapi dunia.

No comments:

Post a Comment