Thursday, November 6, 2014

Faktor Pendukung Keberhasilan Implementasi Kurikulum 2013

Imam Bustanul
1102413078

  Dalam setiap pengembangan kurikulum di Indonesia, seringkali mengalami kegagalan. Kurikulum yang sudah dirancang sedemikia rupa dengan konsep yang sangat bagus pada akhirnya dalam implementasi harus berakhir dengan banyaknya kekurangan dikarenakan beberapa factor (kurikulum KTSP mengalami banyak kekurangan dikarenakan kurangnya kompetensi guru). Dalam kurikulum 2013 ini terdapat beberapa factor yang benar-benar harus diperhatikan untuk menyuksesken implementasinya.
  1. Kesesuaian kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan dengan kurikulum yang diajarkan dan buku teks yang dipergunakan.
  2. Penguatan peran pemerintah dalam pembinaan dan pengawasan
  3. Penguatan manajemen dan budaya sekolah
  4. Ketersediaan buku sebagai bahan ajar dan sumber belajar yang:
      * Mengintegrasikan keempat standar pembentuk kurikulum
      * Sesuai dengan model interaksi pembelajaran
      * Sesuai dengan model pembelajaran berbasis pengalaman individu dan berbasis deduktif
      * Mendukung efektivitas sistem pendidikan
  Jadi jangan sampai kurikulum 2013 yang sudah di konsep sedemikian rupa, sudah di desain sebaik mungkin, sudah di analisa sesuai dengan tuntutan zaman justru mengalami kegagalan dikarenakan factor-faktor yang ada diatas. Disini pemerintah memegang peran yang sangat penting, pemerintah bertugas sebagai perancang, pelaksana dan pengawas harus benar-benar memanage komponen-komponen sekolah yang berperan dalam penyuksesan kegiatan belajar mengajar

No comments:

Post a Comment