Friday, November 21, 2014

Seragam Putih Abu-Abu

Rosid Hidayat


Masih inget masa putih abu-abu? Wah pasti menyenangkan sekali ya. Ya, masa putih abu-abu adalah suatu masa dimana kita merasa sebagai remaja yang bebas. Putih abu-abu sendiri melambangkan sebuah seragam SMA yang berwarna putih abu-abu.
Ngomong-ngomong tentang seragam, ternyata seragam putih abu-abu punya sejarah loh. Jadi awal mulanya adalah saat pemerintah memulai program yang menugaskan beberapa SMA untuk mengadakan kurikulum 1954. Kemudian pada 16 Desember 1957 berdirilah SMA-SMA Teladan seperti SMA 3 Jakarta, SMA 3 Bukit tinggi dan SMA 1 Yogyakarta. Yang mana ketiga sekolah tersebut menjadi contoh dalam penggunaan seragam sekolah. Ketiga sekolah tersebut menggunakan pakaian atasan berwarna putih dan bawahan bewarna abu-abu.

Hingga kini seragam tersebut telah dipakai oleh hampir semua SMA di Indonesia terutama sekolah negeri. Kesemuanya itu telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 45 tahun 2014 tentang pakaian seragam sekolah bagi peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Di dalam peraturan tersebut telah dijelaskan secara rinci bagaimana penggunaan seragam yang baik dan benar.

No comments:

Post a Comment