Monday, November 17, 2014

PERBAIKAN!


Anwar Sandi
1102413064

Sekolah adalah tempat yang memberikan pembekalan kepada seseorang untuk mempersiapkan dirinya kembali ke masyarakat. Sekolah seharusnya tempat yang menyenangkan bukannya tempat yang membuat siswa merasa seperti terpenjara. Saat berada di dalam kelas umumnya siswa akan cepat bosan dikarenakan banyak factor seperti pelajaran yang tidak disukai, guru yang mengajar membosankan dalam arti hanya menggunakan metode ceramah dan haya menyuruh siswa mengerjakan soal-soal saja. Hal tersebutlah yang menjadi salah satu hal yang membuat pelajaran tidak kondusif dan dapat dikatan sia-sia karena banyak siswa yang tidak paham dengan apa yang diajarkan dikelas.
Potensi tiap-tiap individu memang berbeda beda tetapi disetiap potensi seseorang tersebut dapat membuat kejutan yang luar biasa. Seseorang umumnya belajar tentang apa yang disukainya, contonya siswa yang suka dengan musik. Ketika dia mengikuti pelajaran seni musik tentu saja dia akan sangat antusias mengikuti nya dari awal sampai akhir. Tetapi menurut saya beban pelajaran yang dibebankan terhadap siswa terlalu banyak, dan banyak siswa menganggap mata pelajaran yang terlalu banyak itu menyulitkannya. Kalau saja ada kelas yang banyak dan variatif yang tidak maengatur setiap siswa, yang saya maksutkan adalah setiap siswa tidak harus mengikuti semua pelajaran. Siswa diperbolehkan masuk ke kelas yang disukainya, mungkin dia akan menikmati waktunya berada disekolah. Tetapi sayangnya pendidikan di negeri ini tidak seperti itu, kita masih belajar tentang hal hal yang lama bukannya belajar tentang hal hal yang baru. Pendidikan kita masih menganut system adopsi yang mengikuti bangsa lain dengan menerapkan berbagai macam peraturan seperti standar kelulusan, KKM dn system system lainnya.
Seharusnya kita menciptakan pendidikan kita sendiri dengan berbagai ilmu yang kita miliki kita dapat membuat system pendidikan yang menakjubkan, dengan catatan setiap orang yang mempunyai kemampuan atau berilmu menggunakan ilmunya untuk memperbaiki pendidikan kita, dan orang orang tersebut tidak menyangkutkan ilmunya dengan hal yang berbau financial atau apalah itu. Pendidikan kita akn menjadi luar bisa, kita dapat menciptakan system pendidikan yang terorganisir dan mungkin kita akn menjadi kiblat pendidikan dunia, dan semua itu harus dimulai dari kesadaran tiap-tiap individu bangsa Indonesia.

No comments:

Post a Comment