Monday, November 17, 2014

GURU?

Anwar Sandi
1102413064

Guru adalah orang yang berperan sangat penting dalam proses belajar mengajar, guru berperan membimbing dan member contoh kepada murid muridnya. Tetapi yang terpenting tugas guru adalah menyampaikan materi kepada siswa dengan cara yang benar dan baik agar materi yang dissampaikan dapat dipahami oleh siswa dan siswa paham akan materi tersebut. tetapi tidak jagang guru menerangkan materi dengan asal asalan, misalnya hanya menerangkan kepada siswa dengan tidak  memberi contoh atau bisa disebut metode ceramah. Metode ceramah yang dilakukan oleh guru guru umumnya dianggap membosankan oleh siswa, karena siswa haurus mendengarkan guru yang berceramah saja masalah paham atau tidaknya guru seperti acuh taka cuh, hal tersebut guru seperti membiarkan siswanya saja.
Guru harus memiliki banyak strategi dalam proses belajar mengajar karena mereka tidak hanya menghadapi satu siswa saja tetapi banyak sekali murid yany harus mereka bimbing, dan dari banyak siswa siswa tersebutmempunyai karakter yang berbeda beda. Oleh karena itu seorang guru harus kreatif dalam mengajar atau pada saat menyampaikan materi yang dia utarakan agar siswa menjadi paham. Dari pengalaman yang saya alami sendiri, guru guru saya  terbagi menjadi dua yaitu guru yang membosankan dan guru yang menyenangkan. Guru yang membosankan adalah guru yang hanya menerangkan materi saja, atau dapat dikatakan dia hanya mengulang atau membaca apa yang ada dibuku saja. Hanya membacakan apa yang ada dibuku tidak akan membuat siswa menjadi paham, hal tersebut sama sajak kalau siswa diberi tugas membaca buku secara perseorangan, mereka bisa membaca sendiri kan tidak perlu dibacakan lagi.
Sedangkan guru yang menyenangkan adalah guru yang mampu menghidupkan suasana kelas, walaupun mungkin cara mengajarnya nantinya agak kurang setidaknya dia sudah mendapat poin plus disukai oleh siswa, sehingga siswa akan antusias mengikuti pelajaannya. Siswa akan cenderung tertarik dengan guru yang humoris dan dapat mendekatkan dirinya dengan siswa, sehingga siswa merasa nyaman dengan guru tersebut dan tidak merasa tertekan dalam mengikuti pelajarannya. Ada banyak factor kenapa siswa tidak antusias dalam proses pembelajaran salah satunya adalah factor guru. Oleh sebab itu standarisasi seorang guru di indonesiaharus ditingkatkan lagi dan sekarang ini yang paling dibutuhkan adalah guru yang kreatif.

No comments:

Post a Comment