Thursday, January 1, 2015

Ganti Menteri Ganti Kurikulum?

@ilhamxfarid

            Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan (definisi dari wikipedia). Kurikulum itu sendiri dibuat untuk memenuhi tujuan pendidikan yang saling berinteraksi satu sama lain.
            Di Indonesia telah mengalami banyak pergantian kurikulum. Mulai dari kurikulum tahun 1968, tahun 1975, tahun 1984, tahun 1994, tahun 2004 (KBK), tahun 2006 (KTSP), dan yang terbaru kurikulum tahun 2013. Dalam pergantian kurikulum itu sendiri tak lepas dari berbagai hal, diantaranya semakin majunya peradaban manusia, berubahnya tatanan masyarakat, dan lain sebagainya. Namun ada hal yang tak secara langsung mempengaruhi bergantinya kurikulum itu sendiri, yaitu gantinya seorang mentri pendidikan maka berganti pula kurikulumnya.
            Walau tak ada peraturan pendidikan yang secara khusus membahas mengenai bergantinya menteri maka berganti pula kurikulumnya, namun ini nyata adanya. Seperti sekarang ini, belum lama kurikulum 2013 dilaksanakan namun dengan adanya menteri yang baru muncul wacana untuk menghentikan kurikulum 2013 tersebut di semester mendatang.
            Seharusnya para menteri ini sebelum akan menerapkan kurikulum yang baru terlebih dahulu melakukan survey-survey di berbagai elemen masyarakat terutama elemen dalam pendidikan. Para siswa-siswipun dituntut untuk terus beradaptasi dengan bergonta-gantinya kurikulum. Belum lagi dengan buku pelajaran yang tidak dapat diguanakan lagi dengan adanya kurikulum yang baru. Potensi-potensi siswa dalam hal akademik maupun non akademik juga dapat terhambat jika setiap beberapa tahun berganti kurikukum karena tidak konsistennya dalam pembelajaran.
            Jadi pemerintahan yang baru dalam menerapkan sistem yang baru seharusnya tidak selamanya dengan cara mengganti sistem yang lama dalam hal ini kurikulum. Karena banyak sekali aspek yang dikorbankan dalam mengganti dan menerapkan kurikulum yang baru. Biaya yang diperlukan untuk membuat dan menerapkan kurikulum yang baru juga tidak sedikit. Alangkah baiknya bila dana yang digunakan untuk membiayai kurikulum yang baru ini dialokasikan untuk pendidikan-pendidikan ditempat yang terpencil dan terisolir. 

1 comment:

  1. Merkur 34C review (Merkur 34c) - XN
    MERKUR 34C is a well-known razor 제왕카지노 made by Merkur. A 메리트 카지노 주소 short while back 카지노 they introduced the Merkur 34C, the first safety razor for the

    ReplyDelete